Kamis, 18 Desember 2008

Point Of Sales - Kelompok A

Point of Sale

Kelompok POS

Bernadus Hananto(0320060008)

Linggar Yuliastuti(0320060025)

Wahyuni Fikhi Lestari(0320060056)


Point of Sale

POS (Point of Sales) adalah seperangkat sistem komputer yang terdiri dari sistem operasi, hardware dan software yang didesain khusus dengan dilengkapi beberapa alat/device agar dapat membantu mempercepat proses transaksi.

Sistem POS melakukan lebih dari sekedar tugas transaksi jual beli, di dalamnya bisa terintegrasi juga perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stock, point pendapatan karyawan, perhitungan hutang piutang dan berbagai macam fungsi lainnya.

Hubungan Antara ERP dengan POS

ERP merupakan sebuah sistem yang terdiri dari berbagai module-module yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya yang dapat mendukung berbagai fungsi dan proses perusahaan dalam bentuk aplikasi.

Sedangkan POS adalah sebuah modul yang terdapat dalam ERP yang dapat mendukung fungsi penjualan, pembelian, membuat laporan dsb yang masih berkaitan dengan fungsi transaksi suatu perusahaan.

Keunggulan POS

1. Mempertemukan kebutuhan pengolahan data/transaksi harian

2. Mendukung operasi

3. POS bersifat Manajerial

4. Menyediakan laporan-laporan yang diperlukan untuk mempermudah dalam

melakukan/mencatat transaksi penjualan dan pembelian pada toko

5. Memudahkan penyimpanan data

6. Kecepatan dalam proses transaksi

7. Laporan yang tentunya akan lebih efektif dan

lebih efisien yang sebelumnya dilakukan

secara manual (sulit untuk dokumentasi

faktur).

8. Dapat mengelola semua data, transaksi, faktur,

barang-barang ke pelanggan sampai dengan

memonitoring persediaan barang agar tidak terjadi

kelangkaan persediaan barang.


Point of Sale

Kelompok modul ini terdiri atas serangkaian modul2 yang ditujukan untuk mendukung aktivitas penjualan dan distribusi

Aktivitas yang terjadi dalam penjualan meliputi:

Permintaan penjualan seperti quatation atau inquiry

Order penjualan

Perjanjian seperti kontrak atau persetujuan jadwal

Pengiriman

Penagihan

Dukungan purnajual

SUB MODUL Point of Sale

Master data management

Order management

Warehouse management

Shipping

Billing

Pricing

Sales support

Transportation

Foreign trade

MASTER DATA MANAGEMENT

Tugas Utama:

Mencatat informasi semua bahan baku yang diperlukan dan para pemasoknya, sehingga informasinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan untuk pembuatan laporan, kontrak, penagihan, dan dokumen lain secara OTOMATIS

ORDER MANAGEMENT

Modul ini digunakan untuk mendukung proses penjualan dan pembelian dari awal hingga akhir

Terdiri dari sub-modul:

Sales Order Management

Purchase Order Management


SALES ORDER MANAGEMENT

Mengambarkan siklus interaksi yang sangat penting antara perusahaan dengan konsumen

Digunakan untuk mengelola operasi penjualan dengan cepat dan efisien dan menyediakan solusi yang konfrehensif untuk mengelola:

Penawaran

Order

Kontrak

Harga

Diskon

Dilengkapi dengan Sales Force Automation (SFA) dan layanan konsumen, terdiri dari:

Pelacakan perjanjian

Penjadwalan

Follow up

Informasi produk

Kelayakan penjualan

PURCHASE ORDER MANAGEMENT

Proses dalam sub-modul ini adalah:

Pembuatan permintaan secara online

Manajemen kontrak terpusat

Penjadwalan just in time

Manajemen pemasok

Sistem menyediakan daftar pemasok yang sudah disetujui dan setiap kali penawaran dibuka

Sistem dapat mengirimkan penawaran kepada beberapa pemasok sekaligus

WAREHOUSE MANAGEMENT (WM)

Pergudangan merupakan salah satu unit yang menyita ruang dan biaya tinggi, sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka ERP menyedikan modul ini.

Modul-modul dalam Warehouse Management

Inventory Planning

Inventory Handling

Intelligent Location Assignment

Inventory Reporting

Inventory Analysis

Lot Control

Distribution Data Collection

WM:INVENTORY PLANNING

Menyediakan fasilitas agar inventory komitmen pada order konsumen tertentu sehingga konsumen akan menerima order yang cepat dengan jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat

Meliputi semua perencanaan perpindahan inventory yang informasinya diperlukan untuk membuat prediksi tren yang akurat dan konsekwensi penyesuaian pada titik

Reordering

Safety stock

Lead time untuk order

Service level

WM:INVENTORY HANDLING

Digunakan untuk memonitor semua skenario order di pergudangan yang meliputi penerimaan dan transfer inventory

Fungsi bisa saja diperluas menjadi cross docking, penerimaan material, optimasi picking dan wave-picking serta perakitan dan multilevel packaging

Menggunakan fasilitas EDI (electronic data interchange) dalam mengirim dokumen shipping yang memungkinkan pengiriman diterima sebelum waktunya

WM:INTELLIGENT LOCATION ASSIGNMENT

Digunakan untuk membuat intelligent storage list yang memungkinkan pemeriksaan kualitas penyimpanan barang secara otomatis dan deteksi lokasi penyimpanan

Dengan kriteria yang meliputi:

Jumlah item

Kondisi penyimpanan

Definisi packaging

Pembatasan ukuran

Ketersediaan lokasi

WM:INVENTORY REPORTING

Fungsi ini digunakan untuk memonitor inventory diberbagai lokasi dan membantu perusahaan untuk memperkirakan waktu pengiriman yang tepat pada konsumen

WM:INVENTORY ANALYSIS

Modul ini digunakan untuk menganalisis informasi yang dihasilkan dari aktivitas warehousing dan menggunakan umpan balik dari optimasi proses

Dukungan lain dalam modul ini adalah:

Prediksi inventory

Penilaian inventory

Analisis ABC (activity-based-costing)

Analisis slow moving

WM:LOT CONTROL

Fasilitas ini digunakan untuk pelacakan dan penelusuran lot, sehingga perusahaan dapat menelusuri semua bahan baku dan barang jadi yang menggunakan material tersebut.

Membantu dalam mengumpulkan data kualitas produk dan proses sertifikasi standar produksi

WM:DISTRIBUTION DATA COLLECTION

Elemen ini mendukung proses warehousing yang bersifat paperless dengan menyediakan jalur komunikasi antara sistem pengiriman dan penyimpanan, dan peralatan warehousing seperti sistem scanner bar-code

SHIPPING

Modul Shipping mendukung fungsi:

Memonitor tanggal order dan tanggal pengiriman yang ditetapkan

Membuat dan melaksanakan pengiriman barang

Merencanakan dan monitoring aktivitas pengiriman

Memonitor ketersediaan material dan pengelolaan oder skala besar

Penjemputan (dapat diintegrasikan dengan warehousing management system)

Pengemasan pengiriman

Dukungan informasi untuk perencanaan transportasi

Dukungan transaksi mata uang asing

Pencetakan dan pengiriman dokumen

Pembaruan data

BILLING

Sistem ERP mendukung sistem penagihan dengan cara membuat invoice (penagihan) berdasarkan:

Barang atau layanan yang dijual

Membuat catatan kredit dan debet berdasarkan dokumen tagihan yang terkait

Membatalkan transaksi penagihan

Mengembalikan sebagian nilai tagihan (rebate)

Mentransfer data penagihan ke akuntansi keuangan

Pembelian, dll

Sistem ini terintegrasi dengan modul lain seperti akuntansi keuangan sehingga semua dokumen dan data dapat dibuat secara otomatis

PRICING

Digunakan untuk mendefinisikan aktivitas:

Perhitungan harga (untuk ditawarkan kepada pihak luar baik konsumen maupun pemasok)

Biaya (untuk kepentingan pihak internal perusahaan, misalnya akuntansi biaya)

Modul Pricing menyimpan informasi mengenai harga berbagai jenis barang (item), informasi rinci mengenai jumlah diskon

Informasi pricing tersebut dapat diakses oleh seluruh staff penjualan sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan dan meningkatkan kinerja penjualan secara keseluruhan

SALES SUPPORT

Membantu departemen penjualan dan pemasaran melaksanakan aktivitasnya baik dalam menghadapi konsumen yang sudah ada maupun membangun bisnis baru

Memungkinkan semua staf penjualan untuk berkontribusi dan mengakses informasi mengenai:

Konsumen

Prospek penjualan

Kompetitor dan produknya

Kontak bisnis

Modul ini juga dilengkapi dengan alat promosi baru serta konsolidasi pada konsumen yang sudah ada

TRANSPORTASI

Fungsi-fungsi yang didukung dengan modul ini:

Perencanaan dan pelaksanaan transportasi

Pengiriman internal maupun eksternal

Memonitor proses transportasi secara keseluruhan dari perencanaan hingga kesasaran pengiriman atau lokasi pemasok serta kedatangan produk pada lokasi konsumen atau kelokasi pabrik

FOREIGN TRADE

Mendukung pengolahan data transaksi menggunakan sistem perdagangan antarnegara dengan fasilitas perhitungan beberapa mata uang

Sistem pembayaran yang melibatkan beberapa mata uang yang berbeda-beda

1 komentar:

  1. kalo bole tau,
    referensinya dapat dari mana?
    soalnya saya butuh referensi tersebut

    trims...

    BalasHapus

Di harapkan untuk Komentarnya. Terima Kasih. Salam Blogger ^_^